Contoh Teks Eksemplum : “ Ulah Tetangga Baru ”


“ Ulah Tetangga Baru ”

Ø Orientasi

                              Pagi itu, Aku mengalami peristiwa yang sangat menjengkelkan. Aku dan keluarga tinggal di perumahan. Tetanggaku, suka mengadakan pesta di malam hari. Pesta itu sangat mengganggu. Hingga sering aku tidak bisa tidur, karena suara pesta itu.

Ø Insiden
            Aku melihat mobil parkir dihalaman depan rumahku. Aku tidak dapat keluar karena mobil itu menghalangi jalan. Aku menunggu beberapa menit, namun pemilik mobil itu tak kunjung datang. Pemilik mobil itu memarkir mobil seenaknya. Roda mobil itu pun mengotori halamanku dengan lumpurnya. Hingga aku harus membersihkannya. Aku pun mendatangi tetangga yang tadi malam pesta dengan perasaan kesal.

            Aku sangat terkejut karena mobil itu bukan milik teman tetangga yang ikut pesta. Aku semakin bingung. Tak lama kemudian aku memutuskan untuk menelpon polisi. Polisi itu datang dengan cepat. Namun, dia tidak dapat berbuat banyak. Polisi itu hanya memberikan surat tilang dan menyelipkannya di kaca depan mobil. Aku merasa sangat kesal hingga aku berniat mengempisi roda mobil itu. Aku pun mengurungkan niatku, karena itu hanya mempersulitku.

Ø Interpretasi

                              Aku tidak dapat berbuat apa-apa. Aku hanya harus menunggu pemilik mobil itu datang dan memindahkan mobil itu. Karena mobil itu pula aku terlambat. Pengalaman ini sangat membekas dan memberi pelajaran bagiku. Ayahku pun tidak dapat mengeluarkan motornya dari garasi. Karena itu, janganlah memarkir kendaraan di depan pintu masuk.

Komentar

Postingan Populer